Mengapa manajemen pemasaran sering disebut juga
sebagai manajemen permintaan
Manajemen Pemasaran
adalah penganalisaan, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan
pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan
perusahaan. Manajemen pemasaran berupaya
mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan dengan cara yang akan membantu
pencapaian tujuan organisasi. Karena itu manajemen pemasaran sering disebut
juga sebagai manajemen permintaan.
Perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep
inti pemasaran
Kebutuhan dalam konsep pemasaran merupakan suatu hal
yang penting baik bagi konsumen maupun pemasar karena dari kebutuhan-kebutuhan
tersebutlah terciptanya produk yang akan di pasarkan kepada konsumen sehingga
sangat berkaitan dengan pemasar.Keinginan merupakan suatu hal yang diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang di dambakan baik oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar berkeinginana untuk bisa memuaskan konsumen serta dapat memajukan perusahaannya
Perbedaan pasar dan pemasaran
·
Pasar : konsumen
pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang
berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
·
Pemasaran : merupakan kegiatan pemasar untuk
menjalankan suatu bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar
dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta
mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan
mencapai tujuan perusahaan.
Bauran pemasaran (marketing mix)
Pengertian Bauran pemasaran
adalah unsur atau elemen internal penting yang membentuk program pemasaran
sebuah organisasi. Bauran pemasaran merupakan salah satu konsep universal yang
telah dikembangkan dalam pemasaran. (Ad. Payne, 1995:31)
Bauran pemasaran terdiri dari:
Bauran pemasaran terdiri dari:
1. Produk. Produk adalah segala sesuatu
yang dapat ditawarkan oleh individu, rumah tangga, maupun organisasi ke dalam
pasar untuk diperhatikan, digunakan, dibeli, maupun dimiliki.
2.
Harga.
Harga adalah sejumlah nilai yang dipertukarkan untuk memperoleh suatu produk.
3.
Tempat.
Tempat adalah menyediakan produk kepada konsumen pada tempat yang tepat,
kualitas yang tepat, dan jumlah yang tepat.
4.
Promosi.
Promosi adalah kegiatan-kegiatan untuk mengkomunikasikan kelebihan-kelebihan
produk dan membujuk konsumen untuk membelinya.
Dari uraian di atas dapat dilihat
pada bagan di bawah ini:
Mantap sis. Btw follback yoo:)
ReplyDelete